Share :  

Berita  |  18 January 2019 - 13:19

Pelatihan Infografis Dasar Informasi Keimigrasian

Pelatihan Infografis Dasar Informasi Keimigrasian

Pada tanggal  10 & 16  Januari 2019, Politeknik Imigrasi mengadakan sebuah kegiatan  dengan tema Workshop Infografis Dasar Informasi Keimigrasian. Kegiatan yang dilakukan di Laboratorium Komputer lantai 3 Politeknik Imigrasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM ini bertujuan memberikan pengenalan dan pelatihan kepada perwakilan dari Taruna/i Program Studi Manajemen Informatika Keimigrasian agar mampu menyajikan data-data presentasi dalam bentuk yang lebih interaktif dan mudah dipahami oleh audience.

Menurut Wilonotomo, selaku penanggung jawab workshop dan sebagai Kepala Program Studi Manajemen Informatika di Politeknik Imigrasi, saat ini Taruna sangat membutuhkan pelatihan dan pembelajaran mengenai teknologi maupun sistem komunikasi untuk kedepannya dapat diterapkan di dunia pekerjaan, salah satunya dengan pelatihan  infografis. Untuk kedepannya diharapkan akan lebih banyak lagi pelatihan, workshop maupun seminar sehingga dapat memberikan pengetahuan, keterampilan dan wawasan untuk menghadapi revolusi industry 4.0. kedepanya. Para taruna/i tidak menutup kemungkinan akan menghadapi jenis pekerjaan baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, sehingga revolusi ini mau tak mau menuntut kita untuk terus mengembangkan skill yang sekiranya dapat bermanfaat serta mumpuni di masa depan.

Data-data terkait statistik maupun grafik yang disajikan atau dipublikasikan untuk pembelajaran di kelas maupun untuk  masyarakat masih terbilang rumit dan kompleks, sehingga sulit untuk dipahami masyarakat. Diharapkan dengan adanya workshop ini informasi yang disajikan dalam bentuk infografis akan memudahkan pemahaman masyarakat melalui data yang disajikan secara baik dan mudah dimengerti .

Materi Infografis yang dikemas dalam Workshop Infografis ini mendapat sambutan yang hangat dan antusias, sebanyak 26 peserta hadir untuk mengikuti kegiatan ini. Workshop Infografis ini dibagi menjadi dua kali pertemuan dan setiap pertemuan dibagi menjadi dua sesi. Untuk Pertemuan pertama diisi tentang penjelasan umum terkait infografis, termasuk didalamnya langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat sebuah infografis yang dimulai dari praktek membuat template sendiri dan praktek membuat cover, sedangkan sesi kedua diisi dengan praktek langsung pembuatan infografis yang lebih kompleks.

Saat ini di website-website resmi pemerintah memang belum banyak kementerian/lembaga yang menyajikan data-datanya dalam bentuk infografis. Kebanyakan data yang disajikan adalah data-data yang masih rumit dan kompleks. Namun hal ini bukan berarti infografis adalah hal yang baru di lingkungan pemerintahan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia misalnya, telah mempublikasikan presentasi-presentasi dalam bentuk infografis.

Diharapkan dengan diadakannya workshop seperti ini, Taruna/i Politeknik Imigrasi bisa lebih memahami tentang penyajian data yang baik, benar dan efisien sejak dini. Sehingga ketika nanti memasuki dunia pekerjaan maka diharapkan mereka dapat mengaplikasikan apa yang telah dipelajari semasa pendidikan. Ini merupakan salah satu langkah konkrit untuk terus menjadikan Kementerian Hukum dan HAM, khususnya Direktorat Jenderal Imigrasi menjadi sebuah instansi yang lebih baik, maju, dan mengikuti perkembangan teknologi.

Ditulis Oleh : Ivan Primadya (Taruna Tk.2 Manajemen Teknologi Informasi Keimigrasian)