Share :  

Berita  |  19 November 2017 - 08:57

Politeknik Imigrasi, Juara Umum Penulisan E-Journal FMKI 2017

Politeknik Imigrasi, Juara Umum Penulisan E-Journal FMKI 2017

Depok-Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89, Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia (FMKI) menyelenggarakan Lomba Karya Penelitian Inovasi (E-Journal) dan Essay Tingkat Nasional yang diikuti oleh Perguruan Tinggi Kedinasan se-Indonesia. Lomba ini merupakan kompetisi bergengsi yang diadakan pada Tingkat Nasional, diikuti oleh hampir 20 Perguruan Tinggi Kedinasan seluruh Indonesia.

Kegiatan berlangsung dari tanggal 09 September 2017 hingga 28 Oktober 2017. Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh Unsur Peneliti dan Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) telah ditetapkan sebanyak 3 (tiga) tim Taruna Politeknik Imigrasi sebagai juara 1, 2, dan 3 sekaligus dalam kompetisi tersebut. Hal ini merupakan suatu kebanggaan yang amat besar bagi Politeknik Imigrasi yang mampu membuktikan sebagai salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan terbaik di Indonesia.

Penganugerahan mendali atas kemenangan Lomba Karya Penelitian Inovasi tersebut dilakukan pada hari Sabtu tanggal 11 November 2017 di Bogor yang disertai dengan acara kegiatan PTK Expo 2017. Adapun Karya Peneltian Inovasi ( E-Jurnal ) tersebut juga diterbitkan dalam bentuk buku yang berjudul "Semangat Pemuda Mahasiswa Kedinasan dalam Bingkai Revolusi Mental dan Nawacita".

Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras semua anggota tim dan dosen pembimbing yang senantiasa memberikan semangat serta arahan, khususnya terkait penentuan tema, metode, serta kaidah penulisan ilmiah.

Diharapkan dengan adanya prestasi ini dapat menjadi stimulus bagi perserta didik lainnya, serta momentum terbentuknya Politeknik Imigrasi sebagai "Centre of Excellence" pengembangan ilmu keimigrasian di Indonesia.

Juara 1:  “Refleksi Implementasi Kebijakan Bebas Visa dalam Perspektif Keimigrasian

Anggota Tim: M. Iqbal Romzah, Vivekananda, dan Dian Febrina Damanik

Dosen Pembimbing: M. Alvi Syahrin

Juara 2:Implementasi Pembangunan Daerah melalui bidang Keimigrasian dalam Mewujudkan Nawacita

Anggota Tim: Nugraha Panjaitan, Aldi Rizky Setiawan, dan Farid Asyam Nur Alam

Dosen Pembimbing: M. Alvi Syahrin

Juara 3: “Pembangunan Manusia dan Kebudayaanya Melalui Diaspora Indonesia”

Anggota Tim: Ridha Ajeng Blizky Maulidza, Aisyah Mila Riski, dan Syafitri Rijani

Dosen Pembimbing: Ridwan Arifin