Share :  

Berita  |  27 April 2017 - 23:14

Rapat Kerja Nasional Forum Mahasiswa Kedinasan

Rapat Kerja Nasional Forum Mahasiswa Kedinasan

           Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia (FMKI), adalah suatu organisasi yang menaungi Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di Indonesia. FMKI sendiri menjadi wadah bagi para anggotanya, yaitu Perguruan Tinggi Kedinasan Indonesia, untuk melaksanakan konferensi ataupun rapat kerja yang membahas segala hal mengenai PTK ataupun program kerja yang akan diadakan, terlebih acara gabungan PTK yang diadakan oleh FMKI itu sendiri.

           Pada tahun 2017 ini, FMKI melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) FMKI yang diadakan pada tanggal 22 hingga 23 April 2017 di Hotel Augusta Bandung. Beberapa PTK menghadiri Rakernas ini dan mengambil bagian dalam pembahasan-pembahasan yang dilakukan, termasuk Taruna dari Politeknik Imigrasi. Dalam Rakernas kali ini, POLTEKIM mengirimkan 4 taruna sebagai delegasinya, yaitu Heru Al-Zulkifli Aim (Kepala Divisi Taruna), Rendani Chevin (Komandan Badan Perwakilan Taruna), Harjuna Bayu Wicaksono (Kepala Seksi Informasi Divisi Taruna), dan Anas Putra Ichsan (Komandan Pleton Hukum Keimigrasian).

           Kegiatan Rakernas FMKI 2017 ini dihadiri oleh 24 instansi anggota FMKI dari seluruh Indonesia, dengan Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) sebagai tuan rumah dari Rakernas ini. Pelaksanakan Rakernas ini sendiri bertujuan untuk membangun kerjasama yang baik antar PTK anggota FMKI, dan juga melaksanakan pelantikan pengurus FMKI (antara lain DPP, Dewan Pengawas, dan Dewan Penasehat FMKI), serta pembahasan mengenai Rencana Kerja FMKI 2017.

           Salah satu poin pembahasan dan keputusan dari Rakernas ini adalah mengenai Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK) tahun 2017, yang pada akhirnya diputuskan bahwa OPTK tahun 2017 akan dilaksanakan di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) di Jakarta pada tanggal 27 hingga 29 Juli 2017. Akan ada 21 cabang lomba yang akan mengadu Perguruan Tinggi Kedinasan dalam ajang OPTK ini. Cabang-cabang tersebut terbagi dalam bidang olahraga permainan, beladiri, adu otak, seni, dan juga bahasa inggris. Setiap cabang akan menjadi ajang adu kemampuan antar mahasiswa kedinasan ataupun taruna dari tiap PTK. Technical Meeting mengenai perlombaan di OPTK ini akan dilaksanakan pada akhir Mei 2017. Selain itu, Rakernas FMKI kali ini juga turut menentukan tuan rumah untuk OPTK tahun 2018, yang dalam hal ini adalah Sekolah Tinggi Pertahanan Nasional (STPN) di Jogjakarta.

           Selain rencana kerja, dalam Rakernas FMKI kali ini juga sempat ada pencetusan dan pembahasan mengenai dasar hukum organisasi FMKI ini sendiri, yang sejauh ini belum ada.  Dasar hukum ini sendiri sampai saat ini masih dalam proses penyusunan dan diharapkan untuk segera terbentuk. Para peserta Rakernas menjalani kegiatan ini dengan antusiasme yang baik, dan juga memanfaatkan kegiatan ini untuk berkomunikasi dengan instansi lain dengan positif. Secara keseluruhan, RAKERNAS FMKI 2017 ini berjalan dengan lancar dan berakhir dengan baik pula.


Oleh :

Taruna Tingkat I Politeknik Imigrasi angkatan XIX

Oscar Angandrowa Fotaroma Zebua