Share :  

Artikel & Karya Ilmiah  |  19 November 2017 - 10:33

Apa Itu 24/7 On Call Passport Service?

Kategori : Artikel

Paspor, sebuah dokumen yang harus dimiliki seseorang bila ingin pergi ke luar negeri. Setiap orang yang ingin bepergian keluar negeri memiliki alasan mereka masing-masing, entah untuk melakukan pembicaraan bisnis, berkunjung, hingga melanjutkan studi. Mereka yang berencana untuk bepergian tetapi belum memiliki paspor, wajib untuk mengurusnya terlebih dahulu di Imigrasi.

Perjalanan ke luar negeri memang menjadi hal yang sangat menarik bagi sebagian besar orang. Mengapa? Karena mereka memiliki kesempatan untuk melihat sesuatu yang baru, yang mungkin tidak bisa mereka temui di Indonesia. Tetapi, terkadang perjalanan di luar negeri yang telah kita rencanakan sejak lama, tidak terlaksana semulus yang dibayangkan. Apa saja hal buruk yang dapat menghambat perjalanan kita? Banyak! Visa yang tidak sesuai, permasalahan terkait keimigrasian, dan yang paling membuat panik adalah hilangnya paspor kita di luar negeri. Apa?! Jadi apa yang harus kita lakukan bila kita kehilangan paspor di luar negeri?!

Jangan panik! Pihak Imigrasi Indonesia memberikan solusi bagi Warga Negara Indonesia yang kehilangan paspornya di luar negeri, khususnya negara Singapura. Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura, tepatnya Atase Imigrasi memberikan layanan 24/7 on call service bagi WNI yang kehilangan paspornya. Apa itu 24/7 on call service dan bagaimana prosedur pelaksanaannya?

Yang disebut dengan 24/7 on call service adalah pelayanan dimana pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura bisa dihubungi kapanpun saat kita kehilangan paspor kita di Singapura. Jadi, saat kita kehilangan paspor kita di Singapura, kita bisa langsung menghubungi petugas piket yang ada di Atase Imigrasi, yaitu di nomor (+65) 9186 0088. Kita dapat melaporkan bahwa kita kehilangan paspor kepada pihak tersebut. Setelah kita mengontak dan berkoordinasi dengan petugas piket di Atase Imigrasi, yang harus kita lakukan adalah datang dan melaporkan kepada polisi setempat terkait hilangnya paspor, serta meminta surat keterangan kehilangan paspor. Setelah mendapat surat keterangan tersebut, kita bisa langsung datang ke kantor Atase Imigrasi di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura, dan melaksanaan interview terkait dengan hilangnya paspor kita disana. Tidak perlu menunggu lama! Hanya dalam waktu 2-3 jam, Surat Perjalanan Laksana Paspor atau SPLP, suatu dokumen pengganti yang berfungsi layaknya paspor, dapat langsung diterbitkan dan diberikan kepada kita. “Dalam hotline service kami, kami sampaikan bahwa mereka dapat langsung menelpon ke petugas piket, jam berapapun dan kapanpun. Petugas kami akan langunsg merapat ke kantor KBRI, untuk memberikan layanan setelah yang bersangkutan terlebih dahulu melapor ke kantor polisi,” ucap Bapak Saffar Muhammad Godam, Atase Imigrasi Indonesia di Singapura.

Proses yang sangat mudah bukan? Untuk apa panik saat kita kehilangan paspor, apabila ada layanan yang sangat mempermudah kita untuk menemukan jalan keluarnya. Jadi, apabila kalian kehilangan paspor di Singapura, janganlah panik dan langsung hubungi Atase Imigrasi di Singapura, dan masalah kalian akan terselesaikan !