Share :  

Artikel & Karya Ilmiah  |  26 April 2017 - 13:59

Study Visit Menjelang Masa Bakti Pada Dunia Kerja

Kategori : Artikel

            Seiring perkembangan teknologi, dunia pendidikan dituntut untuk lebih siap mengyongsong era globalisasi kini. Ilmu yang  didapat dalam kegiatan belajar di kelas terhitung  masih  kurang dalam memberikan gambaran mengenai dunia kerja nantinya  sehingga di perlukan sebuah kunjungan ke ke lapangan. Sebuah tempat yang akan menjadi domain mereka nantinya ketika sudah terjun dalam dunia pekerjaan. Kunjungan belajar atau study visit itu  dapat  dijadikan tolak ukur  pembanding  terhadap apa yang di dapat di politeknik  dan di lapangan. Study visit dipilih untuk memperkenalkan taruna guna memperoleh pengetahuan seputar masalah apa yang akan dihadapi kelak dalam dunia pekerjaan. Taruna dituntut berperan aktif dalam menggali informasi mengenai kunjungan ke beberapa perusahaan sebagai mitra kerja imigrasi nantinya dalam menuntaskan tugas.

            Di samping itu untuk mengetahui kondisi dunia kerja, kunjungan belajar  juga sangat berperan dalam membentuk pola pikir dan semangat Taruna  untuk berfikir ke arah yang lebih luas, sehingga diharapkan dapat tercipta Taruna yang memiliki jiwa yang  PASTI yaitu profesional, akuntabel, sinergi, transparan, dan inovativ sesuai dengan semboyan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Kunjungan belajar  ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan gambaran bahwa suatu intansi tidak hanya berdiri sendiri melainkan perlu kerjasama dari instansi lain  demi tercapainya keberhasilan  yang baik melalui kerjasama dan koordinasi.

            Maka dari itu Taruna Politeknik Imigrasi didampingi Bapak Wahidin Sihite dan pembina POLTEKIM  mengadakan study visit selama tiga hari pada Terminal Ultimate 3 Bandara Soekarno Hatta dalam  tiga ranah  instansi sebagai sarana pembelajaran untuk mengetahui keadaan lapangan nantinya. Taruna dibagi menjadi 3 kelompok masing-masing kelompok beranggotakan 16 sampai dengan 17 orang. Pada hari pertama yakni pada Senin, 03 April 2017, Taruna Politeknik Imigrasi mengunjungi pihak penerbangan domestic maupun internasional Garuda. Garuda Indonesia juga merupakan salah satu maskapai yang terdaftar sebagai IATA Operational Safety Audit (IOSA) Operator dan menerapkan standar kemanan dan keselamatan yang setara dengan maskapai internasional besar anggota IATA lainnya. Garuda Indonesia menerima sertifikat IOSA pada tahun 2008 lalu.Disana para taruna diberikan beberapa materi mengenai mekanisme dan system kerja maskapai Garuda sebelum dan sesudah pesawat melakukan lepas landas.

Hari berikutnya tepatnya pada hari Selasa, 04 April 2017,  para taruna mengunjungi PT. JAS atau PT. Jasa Angkasa Semesta merupakan jasa pelayanan di bandara non pemerintah atau milik swasta yang didirikan pada tanggal 8 Juni 1984, PT Jasa Angkasa Semesta Tbk mulai beroperasi pada tahun 1985 di Bandara Soekarno-Hatta dengan menyediakan layanan darat untuk Cathay Pacific, Malaysian Airlines, Lufthansa, dan Singapore Airlines. Pada tahun 1989, Perusahaan memperluas jaringan operasinya ke beberapa bandara utama di Indonesia, yaitu Bali, Surabaya, Manado, Makassar dan Medan hingga sekarang hampir menyebar di seluruh tanah air. Perusahaan tersebut terdaftar sebagai entitas publik pada tanggal 15 Juli 2002, dengan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Surabaya dan saat ini, Perusahaan melayani sekitar 42 maskapai dengan 12 stasiun yang beroperasi di Indonesia.

            Hari terakhir adalah kesempatan para taruna untuk memperdalam dan melihat langsung pelaksanaan tugas keimigrasian di tempat pemeriksaan imigrasi pada konter imigrasi di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Ilmu yang telah didapatkan selama menempuh Pendidikan akan tersalurkan dengan terjun langsung ke lapangan. Melihat langsung bagaimana proses pemeriksaan keimigrasian kepada WNI maupun WNA baik pada konter kedatangan maupun keberangkatan. Dengan adanya pengamatan langsung ke lapangan ini diharapkan taruna tingkat 3 menjelang masa wisuda dan pengabdiannya di dunia kerja semakin yakin dengan ilmu yang telah didapatkan selama masa Pendidikan.                 


Ditulis Oleh : Hardika Mayline Tampubolon & Sylvia Ayuning Tyas (Tk. III)